Jumat, 02 September 2016

Jenis Apel

Jenis Apel

            Apel adalah buah yang dihasilkan dari pohon apel. Nama ilmiah pohon apel adalah Malus domestica. Kulit buah apel biasanya berwarna merah jika sudah matang, namun bisa juga berwarna kuning atau hijau. Daging buah apel keras dan memiliki beberapa biji di dalamnya. Orang mulai menanam apel pertama kali di Asia Tengah. Kini apel banyak ditemukan di daerah bersuhu dingin.

            Apel banyak diminati di Indonesia. Banyak jenis apel yang beredar luas, mulai dari apel asli Indonesia sampai yang diimpor dari luar negeri. Di Jawa Timur, terdapat kota yang dikenal sebagai Kota Apel karena di sana banyak petani yang membudidayakan macam varietas buah apel. Berdasarkan informasi dari petani apel di Malang, ada 5 jenis apel yang sangat terkenal di Indonesia, yaitu: apel manalagi, rome beauty, granny smith, anna, dan wanglin.


            Apel manalagi berasal dari Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang. Apel ini berwarna hijau kekuningan walaupun sudah matang. Rasa apel ini segar dan mempunyai aroma yang kuat. Warna daging yang putih kekuningan dengan rasa manis membuatnya digemari masyarakat. Apel manalagi memiliki daya tahan cukup lama, sekitar satu bulan, cocok untuk oleh-oleh jika berkunjung ke Kota Malang.


            Apel rome beauty memiliki warna kulit hijau dengan bintik merah. Apel ini banyak dibudidayakan di Malang dan terkenal sebagai apel malang. Daging buahnya sedikit keras tetapi jika matang di pohon, buahnya sedikit keras tetapi jika matang di pohon, buahnya lebih renyah. Rasanya sedikit masam sehingga sering digunakan untuk bahan pembuatan sari apel.


            Apel granny smith berasal dari Australia dengan warna kulit hijau dan bintik putih. Apel ini berair dengan rasa asam sangat cocok untuk dibuat jus apel. Apel ini sangat rentan tercemar bakteri Listeria monocytogenes yang berbahaya bagi kesehatan.


            Apel anna berukuran besar dengan kulit berwarna merah tua. Apel ini merupakan apel favorit dari Batu, Malang. Rasanya asam dan manis. Daging buahnya lunak tetapi memiliki isi yang padat. Kulitnya yang tipis membuat apel anna tidak dapat bertahan lama seperti apel manalagi.


            Apel wanglin memiliki warna yang hampir sama dengan grammy smith, hijau namun dengan bintik hitam. Rasanya manis dan segar. Apel wanglin merupakan hasil persilangan apel manalagi dan buah pir.

            Semua jenis apel di atas sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apel mengandung banyak nutrisi dan serat sehingga baik untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan gigi, mencegah serangan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, menangkal radikal bebas, mencegah diare dan sembelit, mencegah diabetes, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sebagainya. Apel juga dapat menjadi ciri khas suatu tempat, seperti Kota Malang sehingga menarik minat wisatawan dan menjadikan tempat tersebut sebagai tujuan pariwisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar